Mengenal Sejarah Nusantara

Selasa, 5 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki sejarah dan perjuangan yang tidak boleh dilupakan. Mulai dari sejarah nusantara,hingga zaman reformasi seperti sekarang ini. Semuanya telah melalui waktu yang cukup panjang. 

Sejarah yang telah dialami oleh negara ini, tentunya menjadi saksi bisu perjuangan para pahlawan yang telah membawa Indonesia menuju kebebasan dari penjajahan.

Sebelum adanya Republik Indonesia, Nusantara telah dijajah oleh beberapa negara. Berkat persatuan dan kesatuan yang dijunjung tinggi, Indonesia menjadi negara merdeka yang independen. 

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Untuk membahas lebih lanjut tentang asal mula Nusantara dan sejarah Nusantara, Dentumnews akan berbagi informasi mengenai kerajaan yang pernah ada di Indonesia. Yuk simak informasinya di bawah ini.

Kerajaan Hebat yang Menjadi Cikal Bakal Sejarah Nusantara

Jauh sebelum tahun masehi, Nusantara menjadi nama yang dikenal oleh masyarakat masa itu, mulai dari wilayah ujung Sumatera hingga Papua. Sejarah Nusantara menyebutkan bahwa Nusantara memiliki wilayah dengan berbagai kerajaan yang mendiaminya. Lalu apa saja kerajaan tersebut?

Kerajaan Majapahit

Tidak lengkap rasanya jika membahas asal muasal terbentuknya Nusantaratanpa menyebut kerajaan besar yang satu ini. Majapahit adalah salah satu kerajaan besar dan berpengaruh karena berhasil menaklukan semua wilayah yang ada di Nusantara. 

Baca Juga :  Semarakkan HUT RI ke 78, Pemdes Bojong Gelar Jalan Sehat Bersama Warga

Kerajaan ini dibentuk tahun 1293 dan terus mengembangkan perluasan wilayah kepulauan di Indonesia yang strategi hingga ke berbagai daerah, seperti Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan tentunya Jawa.

Kerajaan Mataram

Tidak kalah dari kerajaan Majapahit, Kerajaan Mataram juga hampir menjadi poros maritim duniakarena memiliki pengaruh yang besar di Nusantara terutama di Jawa. Kesultanan Mataram berdiri pada akhir abad ke-16 dan hanya bertahan sekitar 100 tahun. Pada masa kerajaan Mataram, Belanda mulai berani memasuki Nusantara dan menyebabkan banyak kekacauan, kerajaan inilah yang banyak melakukan perlawanan kepada Belanda pada saat itu.

Kerajaan Singasari

Sejarah Nusantara tidak lengkap jika tanpa Kerajaan Singasari. Sama halnya dengan Kesultanan Mataram, Kerajaan Singasari juga hanya bisa berdiri sekitar 100 tahun bahkan kurang. Singasari berdiri sejak tahun 1222 dan dianggap sebagai cikal bakal hebatnya kerajaan Majapahit. Di kerajaan ini, Ken Arok terkenal sebagai raja pertama yang berhasil membangun Singasari menjadi kuat dengan tersebarnya wilayah kekuasaan hingga Pulau Sumatera.

Kerajaan Kutai

Kerajaan yang menjadi contoh letak geografis dan riwayat geologi Nusantaraini hanya memiliki sedikit bukti sejarah. Hal ini tentunya berbeda dengan Kerajaan Majapahit yang memiliki banyak bukti sejarah. Kerajaan Kutai dianggap sebagai kerajaan yang paling lama berdiri di Indonesia. Para ilmuwan menemukan beberapa prasasti yang terdapat cerita tentang sejarah Kerajaan Kutai yang mampu berdiri hingga tahun 1200.

Baca Juga :  Menyambut HUT RI Ke 78, Kecamatan Cikupa Adakan Gerak Jalan Santai Sepanjang 8 Kilometer

Kerajaan Sriwijaya

Dalam sejarah Nusantara menyebutkan bahwa Kerajaan Sriwijaya menjadi kerajaan terbesar yang pernah ada di Indonesia. Kerajaan Sriwijaya ini telah berdiri sekitar abad ke-7 masehi, hal ini berdasarkan bukti yang terdapat pada prasasti dan catatan perjalanan yang berada di Tiongkok. Sama halnya dengan kerajaan lain, Sriwijaya juga telah berpengaruh bagi seluruh Nusantara pada saat itu.

Kerajaan Tarumanegara

Kerajaan Hindu yang ada di Indonesia ini telah berdiri pada tahun 450 masehi. Konon nama Tarumanegara berasal dari kata “taruma” yang artinya adalah sungai yang membelah Jawa Barat atau Sungai Citarum, dan kata “negara” yang berarti negara atau kerajaan. 

Bukti dari peninggalan sejarah Nusantaraini adalah ditemukannya candi yang sangat luas bernama candi Batujaya di Muara Citarum yang dianggap sebagai peninggalan Kerajaan Tarumanegara.

Dari berbagai sumber. (Redaksi)

Berita Terkait

Semarakkan HUT RI ke 78, Pemdes Bojong Gelar Jalan Sehat Bersama Warga
Memeriahkan HUT RI ke 78, Warga Perumahan Royal Soeta Adakan Lomba Jalan Santai
Menyambut HUT RI Ke 78, Kecamatan Cikupa Adakan Gerak Jalan Santai Sepanjang 8 Kilometer
WARAK NGĚNDHOG (ꦮꦫꦏ꧀ꦔꦼꦤ꧀ꦝꦺꦴꦒ꧀)
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 27 Agustus 2023 - 03:10 WIB

Semarakkan HUT RI ke 78, Pemdes Bojong Gelar Jalan Sehat Bersama Warga

Kamis, 17 Agustus 2023 - 05:49 WIB

Memeriahkan HUT RI ke 78, Warga Perumahan Royal Soeta Adakan Lomba Jalan Santai

Senin, 14 Agustus 2023 - 00:33 WIB

Menyambut HUT RI Ke 78, Kecamatan Cikupa Adakan Gerak Jalan Santai Sepanjang 8 Kilometer

Selasa, 5 April 2022 - 03:33 WIB

Mengenal Sejarah Nusantara

Minggu, 3 April 2022 - 12:12 WIB

WARAK NGĚNDHOG (ꦮꦫꦏ꧀ꦔꦼꦤ꧀ꦝꦺꦴꦒ꧀)

Berita Terbaru

Terduga pelaku penusukan. (ist)

Hukum dan Kriminal

Suami Bunuh Istri di Pelalawanan, Ada 17 Tusukan di Tubuhnya

Senin, 15 Apr 2024 - 23:45 WIB

Illustrasi KKB Papua.(ist)

Nasional

Kegelisahan Menyebar di Papua Akibat Serangan KKB dan KKP

Kamis, 11 Apr 2024 - 11:53 WIB